Hubungi Kami

Berapa Biaya Operasi Plastik di Korea? Ini Dia Jawabannya!

Cara berobat ke Penang

Prosedur operasi plastik di Korea Selatan telah mengglobal karena dikenal punya teknologi medis canggih dan hasil yang alami. Reputasinya sebagai “Ibukota Operasi Plastik Dunia”, juga didukung oleh ribuan klinik berkualitas yang menawarkan pelayanan premium dan keamanan tinggi.

Namun, berapa biaya operasi plastik di Korea? Kenapa orang berbondong-bondong datang ke Korea Selatan untuk melakukan operasi plastik? Klinik mana saja yang paling direkomendasikan untuk mendapatkan hasil terbaik? Artikel ini akan mengupas tuntas pembahasan tersebut, jadi rugi kalau nggak disimak dulu!

Sejarah Kemunculan Operasi Plastik di Korea

Dilansir dari kumparan.com, awal-mula operasi plastik menjadi booming di Korea dimulai pada tahun 1950-an, ketika seorang dokter bedah (David Ralph Millard) dari Amerika Serikat dikirim ke Korea. Ada seorang penerjemah Korea wanita yang menikah dengan tentara Amerika, meminta dokter tersebut untuk mengoperasi kelopak matanya agar lebih bulat. 

Hal tersebut dilakukannya karena mata sipit khas penduduk Korea dianggap tidak memiliki ekspresi dan penuh intrik. Sejak itulah operasi kelopak mata ganda menjadi populer di Korea karena dinilai lebih ekspresif dan kebarat-baratan.    

Amerika Serikat yang menjajah Korea membentuk standar kecantikan bagi wanita Korea yang berkiblat pada barat. Seperti mata yang lebih bulat, hidung yang lebih mancung, dan muka yang lebih tirus. 

Standar tersebut membuat praktik operasi plastik menjadi populer di Korea Selatan. Pada tahun 2009 – 2012, pendapatan Korea Selatan dari praktik operasi plastik juga naik tiga kali lipat karena banyak turis yang datang ke Korea Selatan hanya untuk melakukan operasi plastik.

biaya operasi plastik

Hingga kini, operasi plastik menjadi tren dan umum dilakukan oleh warga Korea di umur 19 – 29 tahun. Bahkan, para orang tua di Korea Selatan menjadikan operasi plastik sebagai hadiah kelulusan untuk anaknya. 

Data per 2023 (dilansir dari cnnindonesia.com), ada sebanyak 267 ribu pasien yang datang ke Korea Selatan hanya untuk melakukan prosedur bedah kecantikan. Rata-rata biaya operasi plastik yang dikeluarkan setiap pasien sebesar 3.000.000 KRW (Rp35 juta) untuk melakukan prosedur seperti operasi kelopak mata, hidung, implan payudara, atau sedot lemak   

Baca juga: 6 Fakta Unik Operasi Plastik di Korea

Biaya Operasi Plastik di Korea Selatan

Hal yang perlu diketahui pertama kali ketika Anda ingin melakukan bedah plastik adalah biaya operasi plastik itu sendiri. Apalagi ketika Anda melakukannya di luar negeri, ada perbedaan mata uang yang harus disesuaikan. Berikut biaya operasi plastik di Korea Selatan:

1. Biaya Operasi Kelopak Mata (Blepharoplasty)

Kisaran Biaya:
Estimasi biaya operasi plastik kelopak mata di Korea Selatan sekitar 2.000.000 KRW – 5.000.000 KRW (setara dengan Rp22 juta – Rp57 juta), tergantung pada kompleksitas prosedur. 

Blepharoplasty menjadi salah satu operasi plastik paling populer di Korea, terutama untuk menciptakan lipatan kelopak mata ganda yang memberikan efek mata lebih besar (bulat) dan menarik.

Apa yang Diperoleh Pasien?
Setelah membayar biaya operasi plastik tersebut, pasien akan mendapatkan layanan konsultasi awal dengan dokter spesialis bedah plastik untuk menentukan bentuk kelopak mata yang diinginkan, operasi oleh tim medis berpengalaman, serta perawatan pascaoperasi. Klinik biasanya juga menyediakan perawatan lanjutan, termasuk pengecekan berkala untuk memastikan hasil tetap optimal dan perawatan luka.

2. Biaya Operasi Hidung (Rhinoplasty)

Kisaran Biaya:
Estimasi biaya operasi plastik untuk memancungkan hidung atau rhinoplasty di Korea Selatan berkisar antara 4.900.000 KRW – 6.000.000 KRW (setara dengan Rp62 juta – Rp 68 juta), tergantung pada tingkat kesulitan operasi, apakah hanya memperbaiki bentuk hidung atau melibatkan rekonstruksi yang lebih kompleks.

Setelah membayar biaya ini, pasien akan mendapatkan layanan konsultasi komprehensif dengan dokter untuk menentukan bentuk hidung yang diinginkan. Namun, biasanya dokter juga akan tetap menyesuaikan dengan struktur (proporsi) wajah pasien agar hasilnya lebih natural. 

3. Biaya Operasi Payudara (Breast Augmentation)

Kisaran Biaya:
Estimasi biaya operasi plastik untuk memasang implan payudara di Korea Selatan adalah sekitar 4.500.000 KRW (sekitar Rp51 juta). Harga juga tergantung pada jenis implan yang digunakan (silikon atau saline), dan kompleksitas prosedur.

Selain implan payudara, banyak juga pasien yang melakukan sedot lemak (liposuction) di Korea Selatan. Biaya sedot lemak juga bervariasi, tergantung pada bagian tubuh mana yang dikerjakan. Sebagai gambaran, estimasi biaya untuk sedot lemak di bagian lengan adalah 4.000.000 KRW (Rp50 juta). Bagian perut dan paha masing-masing sekitar 6.000.000 KRW (Rp75 juta). Prosedur sedot lemak ini bertujuan untuk membuat bagian tubuh yang dioperasi menjadi lebih singset. 

4. Biaya Operasi Rahang dan Dagu (Jaw and Chin Surgery)

Kisaran Biaya:
Estimasi biaya operasi plastik untuk tindakan square jaw reduction sekitar 7.500.000 KRW – 8.000.000 KRW (setara dengan Rp96 juta – Rp100 juta). Sedangkan, operasi perbaikan bentuk dagu (genioplasty) sekitar 6.000.000 KRW – 7.000.000 KRW (setara dengan Rp75 juta – Rp85 juta).

Sedangkan, estimasi biaya operasi plastik untuk pengurangan tulang pipi atau disebut dengan zygoma reduction adalah sekitar 6.500.000 KRW (setara 84 juta). Prosedur ini umumnya digunakan untuk memperbaiki struktur rahang yang tidak simetris, atau menciptakan wajah berbentuk V line yang populer.

Harga di atas hanyalah estimasi dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan rumah sakit atau klinik yang dipilih. Nah, bicara soal klinik – berikut rekomendasi klinik bedah plastik di Korea Selatan yang terpercaya!

Baca juga: Osteotomi: Memahami Prosedur Bedah Pemotongan Tulang

Rekomendasi Klinik Bedah Plastik di Korea Selatan 

Setelah mengetahui biaya operasi plastik di Korea Selatan, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen perjalanan karena Anda tidak hanya butuh paspor, tapi juga harus mengurus visa. Anda juga diharapkan membawa segala dokumen riwayat medis untuk membantu kelancaran prosedur bedah plastik dan meminimalisir komplikasi. 

Terakhir, memilih klinik tujuan untuk melakukan bedah plastik. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Banobagi Plastic Surgery Clinic

Sumber: Instagram @indonesia_banobagi

Banobagi Plastic Surgery Clinic adalah salah satu klinik bedah plastik terkemuka di Korea Selatan yang dikenal secara internasional karena kualitas layanan medisnya yang unggul dan hasil operasi yang alami. 

Berdiri sejak tahun 2000, Banobagi berlokasi di Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 2019, Banobagi dinobatkan sebagai Seoul Medical Tourism Cooperation Institution karena banyak turis mancanegara yang datang ke Banobagi untuk melakukan operasi plastik. 

Banobagi juga memiliki tim dokter spesialis yang berpengalaman, memiliki kualifikasi tinggi, dan bersertifikat. Biaya operasi plastik di sini cukup terjangkau, dan Anda bisa melakukan berbagai prosedur, mulai dari operasi wajah hingga pembesaran payudara dengan pendekatan yang sangat personal.

Keunggulan Banobagi Plastic Surgery Clinic

a. Memiliki dokter utama yang terampil:

Dokter utama di Banobagi adalah Barn Jaesang dan Oh Changhyun. Banobagi bisa terkenal karena kemampuan mereka dalam memahami kebutuhan pasien, serta memberikan hasil operasi yang alami dan harmonis dengan karakteristik wajah atau tubuh pasien.

b. Pendekatan personal:

Salah satu keunggulan Banobagi adalah pendekatan personal terhadap setiap pasien karena mereka percaya bahwa setiap individu memiliki karakteristik yang unik. Filosofi Banobagi adalah menghasilkan kecantikan yang alami tanpa mengubah esensi wajah asli pasien. Inilah yang kemudian menjadi daya tarik utama bagi banyak pasien internasional.

c. Selalu mengutamakan keselamatan pasien:

Terdapat tim anestesi di ruang operasi yang bertanggung jawab dalam hal keamanan anestesi pada pasien, selalu melayani pasien dengan keterbukaan dengan menghindari adanya “ghost surgeries”, serta memberikan perawatan pascaoperasi yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien untuk penyembuhan yang lebih cepat. 

2. View Plastic Surgery

View Plastic Surgery dikenal luas karena menawarkan pengalaman unik dengan melakukan intervensi gabungan, di mana 4 hingga 5 prosedur bedah plastik dapat dilakukan dalam satu waktu, yang memungkinkan transformasi penampilan secara keseluruhan dalam waktu singkat.

Para dokter di View Clinic dikenal memiliki kualifikasi yang sangat tinggi, dengan keahlian yang terus diasah melalui pelatihan dan partisipasi dalam konferensi internasional. Pendekatan yang digunakan berbasis teknologi canggih untuk memastikan hasil estetika yang optimal dan natural, dengan perencanaan 3D untuk menjamin hasil yang akurat dan memuaskan.

Keunggulan View Plastic Surgery 

a. Perencanaan operasi dengan teknologi 3D:

Sebelum menjalani operasi, dokter akan mendiagnosis pasien menggunakan tomografi komputer 3D. Teknologi ini memberikan data akurat mengenai struktur tulang, posisi saraf, dan kondisi jaringan. Perencanaan 3D ini memungkinkan pasien untuk melihat hasil akhir sebelum operasi dilakukan, sehingga memastikan tidak ada kesalahan selama prosedur berlangsung.

b. Penggunaan ultrasonic bone scalpel:

Salah satu teknologi canggih yang digunakan di View Clinic adalah ultrasonic bone scalpel, yang bekerja khusus pada jaringan tulang tanpa merusak pembuluh darah atau saraf di sekitarnya. Teknologi ini membantu mempercepat pemulihan pasien dengan mengurangi kerusakan jaringan sekitarnya.

c. Implan berkualitas tinggi:

Implan Payudara

View Clinic menggunakan implan berkualitas tinggi dan biokompatibel, terutama untuk prosedur augmentasi payudara. Implan ini dirancang untuk memberikan hasil yang alami dan aman bagi tubuh pasien.

Nah, ketika Anda tertarik dan sudah mengetahui biaya operasi plastik di Korea Selatan, sekarang tinggal konsultasi dulu dengan Medtrip sebelum berobat ke Korea Selatan. Kenapa? Ya, hal ini dilakukan untuk membantu Anda memahami segala kebutuhan berobat di luar negeri, agar tak kerepotan nantinya saat tiba di sana. 

Yuk, isi form pendaftaran sekarang, dan Anda bisa berkonsultasi dengan pakar medis kami secara GRATIS, lho! Tunggu apa lagi?

Berita Terbaru

×