Hubungi Kami

Berapa Biaya Pemasangan Ring Jantung di Penang? Ini Dia Rekomendasinya!

Biaya pemasangan ring jantung

Sebelumnya pada pembahasan Apa Fungsi Ring Jantung dan Siapakah yang Membutuhkan untuk Pemasangannya? – telah dijelaskan terkait ring jantung yang merupakan perangkat medis berbentuk tabung yang ditempatkan di dalam arteri koroner. 

Tujuan dari pemasangan ring jantung itu sendiri adalah untuk memperluas dan mempertahankan aliran darah yang lancar menuju jantung dengan membuka arteri yang mengalami penyempitan/penyumbatan. 

Serta, pasien yang disarankan untuk memasang ring jantung adalah mereka dengan penyakit arteri koroner, pasien dengan angina tidak terkontrol, atau pasien yang mengalami serangan jantung. 

Jika Anda memiliki kondisi seperti di atas, pasti ingin tahu berapa biaya pemasangan ring jantung? Terlebih bila Anda ingin melakukannya di Penang. 

Nah, berikut penjelasan seputar biaya pemasangan ring jantung dan rekomendasi rumah sakit di Penang yang bisa jadi rujukan!

Berapa Biaya Pemasangan Ring Jantung di Penang?

Biaya pemasangan ring jantung di Penang bervariasi tergantung pada kompleksitas prosedur, kondisi pasien, serta fasilitas rumah sakit yang dipilih. Secara umum, harga pemasangan ring jantung di Penang berkisar antara MYR 20.000 – MYR 25.000 atau setara dengan Rp70 juta – Rp88 juta untuk satu ring pertama, dan MYR 10.000 (Rp35 juta) untuk tiap satu ring berikutnya. Harga ini adalah estimasi biaya untuk tindakan pemasangan ring jantung, belum termasuk biaya kamar rawat inap dan obat-obatan yang digunakan. 

Dalam kasus tindakan pemasangan ring jantung, biasanya butuh durasi rawat inap sekitar 2 – 5 hari. Dokter akan tetap memantau pasien pasca operasi di rumah sakit. Jika kondisi pasien bisa segera pulih, durasi rawat inap jadi lebih singkat. Sedangkan, untuk biaya obat-obatan, setidaknya tambahkan dana sekitar 10% – 20% dari biaya tindakan.   

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan jantung (tes treadmill) di Penang dengan estimasi biaya sekitar MYR 200 hingga MYR 289 (Rp660 ribu – Rp1 juta). Tidak hanya itu, ada beberapa prosedur pengobatan lain yang bisa Anda lakukan di Penang. Seperti, prosedur angiografi yang estimasi biayanya mulai dari MYR 4.500, atau prosedur Coronary Artery Bypass Graft (CABG) yang estimasi biayanya mencapai MYR 55.000 – MYR 100.000.

Biaya tersebut mengikuti kualitas perawatan dan teknologi di rumah sakit Penang yang sangat mumpuni, terutama dalam hal perawatan jantung. Oleh karena itu, Penang sering menjadi tujuan pasien dari Indonesia yang mencari perawatan jantung terbaik.

Setelah mengetahui estimasi biaya pemasangan ring jantung, berikut adalah beberapa rekomendasi rumah sakit jantung terbaik di Penang yang bisa Anda jadikan rujukan ketika ingin melakukan tindakan tersebut:

Biaya pemasangan ring jantung di Rumah Sakit Penang

5 Rekomendasi Rumah Sakit Jantung Terbaik di Penang

1. Northern Heart Hospital

Northern Heart Hospital adalah pusat spesialis jantung dan vaskular terkemuka di Penang, Malaysia. Rumah sakit ini menawarkan layanan kardiologi terpadu, termasuk ruang operasi khusus jantung, ICU kardiologi, serta laboratorium kardiovaskular dengan peralatan modern, seperti MRI 3 Tesla dan Cath Lab terbaru untuk prosedur angiografi dan angioplasti. 

Lokasinya yang strategis di Georgetown Penang, membuat rumah sakit ini menjadi pilihan utama bagi pasien dari Indonesia yang membutuhkan perawatan penyakit jantung berkualitas tinggi.

Spesialisasi utama di Northern Heart Hospital, seperti kardiologi intervensional yang merupakan prosedur minimal invasif untuk penyakit jantung koroner, pemasangan ring jantung, sampai rehabilitasi jantung untuk pemulihan optimal setelah perawatan jantung. Anda juga bisa melakukan medical check up (MCU) di sini dengan biaya sekitar MYR 720 – MYR 2.280 (Rp2,5 juta – Rp7,9 juta). 

2. Island Hospital Penang

    Island Hospital Penang memiliki fasilitas kardiologi yang lengkap dengan ruang operasi khusus jantung. Prosedur yang tersedia di sini antara lain:

    • Implantasi Pacemaker
    • Kateterisasi Jantung
    • Intravascular Ultrasound (IVUS)
    • Pemasangan Stent
    • Cardiac CT Angiogram. 

    Rumah sakit ini juga menyediakan rawat inap VIP dengan layanan premium. Total kapasitas rawat inapnya mampu menampung hingga 600 pasien. 

    Alasan Island Hospital jadi salah satu pusat medis unggulan di Penang karena Island Hospital memiliki dokter spesialis jantung (cardiologist) terbaik yang diakui di tingkat internasional dan sering menangani kasus penyakit jantung kompleks, seperti dr Ma Soot Keng

    Selain itu, fasilitas medis di Island Hospital sangat modern, dan mereka menawarkan pelayanan medis yang holistik dengan fokus pada kenyamanan pasien. Biaya pemasangan ring jantung di Island Hospital juga terbilang kompetitif dengan pelayanan yang berkualitas.

    3. Penang Adventist Hospital

      Penang Adventist Hospital merupakan rumah sakit pertama di Malaysia yang memperoleh akreditasi JCI (Joint Commission International) yang menjadi bukti tingginya kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien. Rumah sakit ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata medis masyarakat Indonesia selama 20 tahun terakhir. 

      Dalam setahun, Penang Adventist Hospital setidaknya melakukan lebih dari 550 operasi jantung. Rumah sakit ini juga  dilengkapi fasilitas laboratorium kateterisasi jantung dan bedah jantung laser-transmyocardial revascularization (TMR). 

      Rumah sakit ini juga dikenal memiliki tim dokter yang sangat kompeten dalam bidang kardiologi, seperti dr Teh Aik Seng dan dr Tan Chiang Soo yang merupakan dua dokter jantung terbaik di Malaysia. Program perawatan jantung di sini lengkap dan terintegrasi, terutama dalam prosedur pemasangan ring jantung. Adventist Hospital menekankan pada gaya hidup sehat sebagai bagian dari pemulihan pasien setelah tindakan medis.

      4. Gleneagles Penang

        Gleneagles Penang merupakan rumah sakit berstandar internasional dengan fasilitas kesehatan yang lengkap dan modern, seperti Cath Lab (laboratorium kateterisasi jantung) untuk prosedur angioplasti dan pemasangan ring jantung. Rumah sakit ini juga memiliki pusat rehabilitasi jantung, unit perawatan intensif (ICU) yang canggih, terapi jantung invasif (EVAR, TAVR, Stenting), layanan kardiologi anak, dan kardiologi nuklir.

        Alasan Gleneagles Penang jadi rumah sakit jantung terbaik di Penang adalah karena kemampuannya dalam menangani kasus jantung yang kompleks dengan teknologi terkini dan layanan terintegrasi dari diagnosis hingga pemulihan pasien. Rumah sakit ini juga sering menjadi pilihan utama bagi pasien dari berbagai negara karena reputasi mereka dalam bidang kardiologi.

        5. Loh Guan Lye Specialist Centre

          Loh Guan Lye Specialist Centre memiliki departemen kardiologi dengan Cath Lab, peralatan diagnostik jantung, serta ruang operasi yang dirancang khusus untuk tindakan jantung. Kapasitas rawat inapnya juga mampu menampung hingga 276 pasien. Lokasi rumah sakit berada dekat dengan Bandara Internasional Penang, yaitu hanya sekitar 30 menit berkendara.

          Alasan rumah sakit ini jadi salah satu pilihan rumah sakit terbaik di Penang untuk berobat jantung karena Loh Guan Lye Specialist Centre terkenal dengan layanan kardiologi yang komprehensif, bedah kardiotoraks, dan rehabilitasi jantung. Dokter-dokter spesialis jantung di sini juga sangat berpengalaman menangani pasien dari berbagai negara.  

          Nah, setelah Anda mengetahui estimasi biaya pemasangan ring jantung di Penang dan rekomendasi rumah sakit yang bisa dituju, tapi masih bingung mau memilih rumah sakit yang mana – Medtrip bisa bantu memilihkannya untuk Anda.

          Tak hanya itu, Medtrip sebagai penyedia layanan medical concierge akan bantu mengurus kebutuhan Anda untuk berobat di Penang.

          Mulai dari memilihkan dokter yang sesuai, membuat janji temu atau registrasi ke rumah sakit tujuan, sampai mengurus akomodasi selama di Penang. Sehingga Anda bisa berangkat ke sana dengan tenang, dan urusan pengobatan Anda jadi lebih nyaman.

          Isi form pendaftaran sekarang, dan jangan lupa cantumkan kontak Whatsapp aktif agar tim Medtrip bisa segera menghubungi Anda kembali. Yuk, jangan tunda lagi untuk meraih sehatnya Anda.  

          Berita Terbaru

          ×