Hubungi Kami

Jenis-Jenis Diabetes Menurut Dr Lim Siang Chin dari Mahkota Hospital Melaka

Dr Lim Siang Chin

Dr Lim Siang Chin juga menangani beberapa penyakit dalam lainnya, seperti diabetes, gangguan hormon, infeksi dan penyakit organ dalam serta tiroid.

Penyakit diabetes melitus atau kencing manis dibagi menjadi 3 jenis, yaitu tipe 1, tipe 2, dan gestasional diabetes. Diabetes atau kencing manis adalah gangguan kesehatan yang menyebabkan tubuh tidak mampu menyerap glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa akan menumpuk dalam darah. 

Glukosa yang terlalu tinggi (melebihi 200 mg/dL) dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang berujung membahayakan nyawa pasien penderita.

Diabetes atau kencing manis termasuk salah satu penyakit terbanyak diderita oleh orang di dunia. Pada 2021, menurut International Diabetes Federation (IDF) mencatat 537 juta orang yang menderita diabetes di dunia. 

Indonesia menjadi negara kelima dengan pasien penderita terbanyak, sekitar 19,5 juta pada tahun 2021. Sementara di Malaysia hampir 20 persen penduduknya menderita penyakit ini. Ahli dan dokter spesialis penyakit dalam (sub. endokrin) dari Mahkota Hospital, Melaka, Malaysia Dr Lim Siang Chin memberikan penjelasan mengenai jenis atau tipe diabetes melitus yang dikutip dari berbagai sumber. 

Berikut ini penjelasannya

Penjelasan Dr Lim Siang Chin tentang Jenis Diabetes Melitus

Tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun, merupakan sistem kekebalan tubuh (antibodi) yang menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Sehingga, tubuh gagal memproduksi insulin. 

Insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah dalam sel. Jadi, saat insulin terbatas, maka kadar gula darah pun akan terganggu. Dikarenakan kadar insulin tidak cukup, pasien penderita diabetes tipe 1 harus menyuntikan insulin buatan ke dalam tubuh. Hal ini guna meminimalisir gejala atau komplikasi.

Setidaknya untuk penyuntikan insulin buatan ke tubuh pasien penderita diabetes tipe 1 dilakukan 3 hingga 4 kali penyuntikan insulin buatan. Penyuntikan ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko komplikasi dan gejala. 

Tipe 2

Diabetes melitus jenis atau tipe 2 merupakan tipe yang paling banyak dialami oleh para pasien kencing manis. Hampir 95 persen penderita penyakit ini terdapat di Malaysia atau  di Indonesia mengidap.

Diabetes mellitus tipe 2 merupakan kondisi ketika kadar glukosa lebih tinggi dari yang tubuh perlukan. Tapi, kadar gula darah ini tidak dapat dibuang karena resistensi insulin, yaitu kondisi tubuh yang tidak dapat merespon kerja insulin.

Jadi, beta cells value di pankreasnya masih menghasilkan insulin secara berlebihan, sementara tubuh mengalami resistensi insulin. Sehingga, pankreas pun sudah mulai tidak bekerja dengan baik atau mengalami gangguan. Terkadang, dibutuhkan pula suntik insulin jika pankreas sudah tidak berfungsi dengan baik.

Ada dua penyebab umum diabetes tipe 2 ini, yaitu:

  1. Gaya hidup tidak sehat.Seperti kurang bergerak, pola makan salah, sering begadang dan kurang konsumsi air putih.
  2. Obesitas (kelebihan berat badan). Pemicu umum obesitas adalah makan berlebihan dan jarang olahraga.

 Sama seperti tipe 1, diabetes tipe 2 juga tidak dapat disembuhkan.

Gestational Diabetes

Tipe diabetes terakhir adalah diabetes yang diderita ibu hamil, yang dikenal dengan gestational diabetes. Penyakit ini bisa terjadi pada ibu hamil, meskipun sebelumnya sang ibu tidak punya riwayat diabetes apapun. Kok bisa?

Pada trimester terakhir kehamilan, ibu hamil akan mengalami pertambahan insulin (insulin resistance) sehingga sebagian ibu hamil bisa tiba-tiba terkena diabetes. Berbeda dengan dua tipe diabetes di atas, gestasional diabetes dapat disembuhkan.

Konsultasi ke Dr Lim Siang Chin Spesialis Endokrinologi di Mahkota Hospital Melaka

Ketika kamu membutuhkan konsultasi penyakit diabetes salah satu pilihan tepatnya adalah ke Mahkota Hospital, Melaka. Di sinilah tempat Dr Lim praktik. Kamu  Beliau adalah seorang dokter ahli endokrinologi. Selain itu Dr Lim Siang Chin juga menangani beberapa penyakit dalam lainnya, seperti diabetes, gangguan hormon, infeksi dan penyakit organ dalam serta tiroid.

Ingin Konsultasi Diabetes dengan Dr Lim Siang Chin?

Jika kamu memiliki masalah diabetes atau penyakit dalam lainnya, kamu bisa berkonsultasi dengan Dr Lim Siang Chin. Medtrip tentunya akan memfasilitasi kamu untuk menyiapkan perjalanan medismu ke Malaysia. 

Klik link berikut ini untuk membuat appointment dengan Dr Lim Siang Chin [appointment dengan Dr Lim Siang Chin]. Setelah mengklik link tersebut kamu akan diarahkan untuk mengisi form terlebih dahulu. 

Jangan lupa untuk menyertakan nomor telepon atau handphone yang tersambung dengan Whatsapp, agar tim dari Medtrip dapat dengan mudah untuk menghubungi kamu.

Berita Terbaru

×