Hubungi Kami

Kata Dr Badrulhisham Bahadzor soal Bedah Robotik untuk Kanker Prostat

Dr Badrulhisham Bahadzor

Dr Badrulhisham Bahadzor adalah Dokter Spesialis Urologi yang saat ini berpraktik di Sunway Medical Centre, di Kuala Lumpur.

Pengobatan dan perawatan pasien di Malaysia khususnya di Rumah Sakit Sunway City Medical Centre sudah tidak diragukan lagi efektivitas kesembuhannya. Pengobatan dan perawatan pasien dilengkapi dengan alat kesehatan dengan teknologi terkini dan ditangani oleh dokter-dokter spesialis yang memiliki kapasitas di bidangnya. 

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Sunway City Medical Centre adalah alat bedah robotik, yang membantu para dokter dan tenaga kesehatan melakukan operasi kepada pasien. Alat bedah robotik ini adalah alat bedah minimal invasif (MIS) yang melakukan pembedahan melalui sayatan kecil daripada pembukaan besar. Sehingga meminimalisir luka sehabis operasi. 

Pembedahan dengan bantuan robotik telah terbukti mampu mengatasi keterbatasan tindakan laparoskopi saat ini seperti contohnya ketidakstabilan kamera, rentang gerak terbatas dengan instrumentasi kaku dan mengurangi persepsi mendalam.

Contoh Keberhasilan Pembedahan dengan Alat Bedah Robotik

Salah satu contoh keberhasilan pembedahan dengan alat robotik adalah pembedahan pada pasien penderita kanker prostat atau masalah pada sistem urologi. Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis bedah robotika Urologi di Sunway City, Dr Badrulhisam Bahadzor. 

“Di Sunway Medical Centre di Sunway City, Malaysia, Sistem Bedah Robotik da Vinci menerjemahkan gerakan tangan ahli bedah menjadi lengan robotik yang canggih, sehingga memungkinkan gerakan yang lebih tepat. Dipandu oleh penglihatan 3-D superior dengan tampilan yang diperbesar, seolah-olah tangan dan mata ahli bedah ada di dalam tubuh pasien,” jelas Dr Badrulhisham Bahadzor, dikutip dari Tribun.

Manfaat teknologi bantuan robotik termasuk tetapi tidak terbatas pada kehilangan darah yang lebih sedikit, komplikasi yang lebih sedikit, masa rawat inap yang lebih singkat, sayatan yang lebih kecil untuk jaringan parut minimal, dan pemulihan lebih cepat dan dapat kembali ke kehidupan sehari-hari.

Hingga saat ini, hampir 6.000 sistem bedah robotik da Vinci telah dipasang di seluruh dunia dan lebih dari 8,5 juta operasi dilakukan secara robotik. Ada lebih dari 24.000 artikel yang sudah ditinjau yang diterbitkan sampai saat ini tentang pembedahan yang dibantu robotik.

Di Sunway Medical Centre telah memasang robot bedah da Vinci pada akhir 2016, melakukan hampir 500 kasus hingga saat ini dalam bidang urologi, ginekologi, bedah kolorektal, bedah bariatrik, dan bedah hepatobilier.

Sebanyak 12 ahli bedah dari berbagai spesialisasi yang berkompeten melakukan bedah perbantuan robotik. 

“Kami percaya bahwa evolusi operasi dan nilai teknologi untuk memberikan hasil klinis yang lebih baik,” kata Dr Badrulhisam Bahadzor. 

Dalam Urologi, kata Dr Badrulhisam Bahadzor, bedah robotik sebagai standar perawatan untuk kanker prostat di seluruh dunia.

“Kanker prostat terjadi pada pria di atas usia 50 tahun dan terus meningkat di Asia Tenggara. Deteksi dini hanya membutuhkan tes darah sederhana yang disebut PSA,” jelasnya.

Profil Dr Badrulhisham Bahadzor

Dr Badrulhisham Bahadzor adalah Dokter Spesialis Urologi yang saat ini berpraktik di Sunway Medical Centre, di Kuala Lumpur. Dokter Spesialis Urologi adalah dokter yang yang merawat kondisi yang berkaitan dengan daerah ginjal, kantung kemih, prostat dan testis seperti penyakit hiperplasia prostat, batu ginjal, dan kanker prostat.

Dr Badrul menyelesaikan pendidikan kedokterannya dari Trinity College, University of Dublin di Irlandia pada tahun 1997 dengan gelar MBBCh, BAO (Sarjana Kedokteran). Beliau memperoleh gelar Master of Surgery dari Universiti Kebangsaan Malaysia pada tahun 2004 dan gelar FRCS (Urology) dari Royal College of Physicians and Surgeons of Glasgow dari Skotlandia pada tahun 2008.

Konsultasi dengan Dr Badrulhisam Bahadzor

Jika kamu memiliki masalah penyakit dalam lainnya, kamu bisa berkonsultasi dengan Dr Badrulhisham Bahadzor. Medtrip tentunya akan memfasilitasi kamu untuk menyiapkan perjalanan medismu ke Malaysia. 

Klik link berikut ini untuk membuat appointment dengan Dr Badrulhisham Bahadzor [appointment dengan Dr Badrulhisham Bahadzor]. Setelah mengklik link tersebut kamu akan diarahkan untuk mengisi form terlebih dahulu. 

Jangan lupa untuk menyertakan nomor telepon atau handphone yang tersambung dengan Whatsapp, agar tim dari Medtrip dapat dengan mudah untuk menghubungi kamu.

Berita Terbaru

×