Hubungi Kami

Kisah Dr John Low Seng Hooi Pulihkan Pebulutangkis Malaysia dari Kanker Hidung

Dr John Low Seng Hooi

Dr John Low Seng Hooi seorang dokter spesialis onkologi, khusus penanganan kanker nasofaring rupanya menjadi salah satu dokter favorit bagi pasien dari Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia, khususnya pasien yang memiliki gangguan pada organ nasofaring. 

Bukan hanya pasien dari kalangan biasa saja yang datang ke berkonsultasi ke Dr John Low. Bahkan pebulutangkis legendaris asal Malaysia, Lee Chong Wei menjadi salah satu pasien Dr John Low. Di artikel kali ini kita akan membahas kanker hidung yang diderita oleh Lee Chong Wei, dan juga bagaimana Dr John Low Seng Hooi membantu kesembuhan sang pebulutangkis tersebut dari penyakit kanker hidung. 

Mengenal Kanker Hidung yang Diderita Lee Chong Wei

Dikutip dari indosport.com, Lee Chong Wei pada tahun 2019 setelah memenangkan kejuaraan Malaysia Open, langsung mendapatkan perawatan intensif karena penyakit kanker hidung stadium awal yang dideritanya. Akibat dari penyakitnya ini, Lee Chong Wei memutuskan untuk pensiun lebih cepat dari karirnya sebagai pebulutangkis Malaysia. 

Kanker hidung yang pernah diderita mantan pebulutangkis nomor satu dunia ini merupakan kanker yang menyerang rongga hidung dan rongga pada tulang hidung atau sinus. Data dari American Cancer Society menyebut kanker rongga hidung termasuk kasus yang jarang ditemukan. 

Sampai saat ini, masih belum diketahui penyebab dari kanker hidung. Tetapi, beberapa faktor risiko selalu dikaitkan dengan kanker rongga hidung. Mayoritas penelitian menunjukkan, faktor risiko utama kanker hidung adalah paparan dari zat yang dihirup setiap hari, bisa dari tempat tinggalnya atau tempat bekerja. 

Misalnya, orang yang bekerja di pabrik kayu, tekstil, roti, tepung, dan gas kimia rentan terhadap kanker hidung. Merokok juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker yang pernah diderita Lee Chong Wei ini.

Selain itu, infeksi Human papillomavirus (HPV) juga dapat memicu pertumbuhan kanker hidung. Pada banyak pasien kanker hidung ditemukan positif virus HPV. Faktor gen atau DNA yang ada di dalam tubuh juga dikaitkan dengan pertumbuhan kanker hidung.Penyakit kanker hidung ini dapat diobati dengan serangkaian pengobatan mulai dari operasi, terapi radiasi, kemoterapi, terapi bertarget, dan perawatan paliatif.

Kata Dr John Low Seng Hooi Tentang Kanker Hidung Lee Chong Wei

Dr John Low mengatakan kanker hidung yang diderita Lee Chong Wei merupakan kasus kanker Nasopharyngeal (NPC). Menurutnya, NPC ini bisa diobati dan menjadi salah satu kanker yang bisa disembuhkan. Pengobatannya tidak memerlukan operasi apa pun, yang diperlukan hanyalah kemoterapi dan radioterapi.

Dilansir dari New Strait Time, Dr John Low Seng Hooi mengatakan, kanker hidung stadium satu yang diidap oleh Lee Chong Wei bisa jadi merupakan faktor risiko keturunan. Menurutnya, kanker hidung biasa menyerang orang-orang keturunan Tionghoa. 

Selain itu, pasien pengidap kanker hidung karena sering mengkonsumsi ikan asin dan produk makanan yang mengandung bahan pengawet. Dr John juga menambahkan bahwa penyakit ini paling umum terjadi pada mereka yang berusia 30-an tahun. 40.

“Faktor lainnya termasuk infeksi bakteri, jadi penyakit ini tidak ada hubungannya dengan Chong Wei sebagai seorang atlet. Penyakit ini juga tidak ada hubungannya dengan perokok atau konsumsi alkohol,” kata Dr John. 

Saat ini pun Lee Chong Wei telah pulih dari sakit kanker hidung stadium satu tersebut, meski karir bulutangkisnya harus terhenti saat awal menderita penyakit ini. 

Ingin berkonsultasi dengan Dr John Low Seng Hooi? Beliau memiliki dua tempat praktik di Malaysia, yakni di Sunway City Medical Centre dan Pantai Hospital Kuala Lumpur. Bagi kamu yang ingin berkonsultasi dengan Dr John Low di Sunway City Medical Centre, klik link berikut ini [konsultasi Dr John Low Seng Hooi di Sunway City Medical Centre]. 

Atau jika kamu memiliki preferensi ingin berobat ke Pantai Hospital Kuala Lumpur, kamu bisa konsultasi dengan Dr John Low dengan mengklik link berkut [konsultasi Dr John Low Seng Hooi di Pantai Hospital Kuala Lumpur].

Setelah mengklik link tersebut kamu akan diarahkan untuk mengisi form terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyertakan nomor telepon atau handphone yang tersambung dengan Whatsapp, agar tim dari Medtrip dapat dengan mudah untuk menghubungi kamu. 

Jangan khawatir, konsultasikan perjalanan medismu ke Malaysia bersama Medtrip. Tidak hanya menghubungkan pasien dengan dokter yang diinginkan, tetapi juga membantu pasien mempersiapkan segala kebutuhan perjalanan medis pasien ke Malaysia.

Berita Terbaru

×