Hubungi Kami

Layanan Unggulan Ortopedi & Trauma

Layanan Ortopedi dan Trauma Komprehensif

Ortopedi & Traumatologi adalah spesialisasi kedokteran yang ditujukan untuk perawatan sistem muskuloskeletal (otot, jaringan ikat, saraf, tulang dan sendi). Mitra Rumah Sakit Medtrip memiliki Dokter Spesialis Ortopedi beserta Subspesialisnya yang dapat menangani kondisi penyakit atau cedera yang mempengaruhi sendi, tulang dan otot tungkai atas & bawah serta tulang belakang. Dokter dapat menilai dan menawarkan pilihan pengobatan yang tepat yang mencakup kategori bedah dan non-bedah.

Mobilitas kita sangat penting dalam menjalani kehidupan serta memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Cedera apa pun pada tulang dan/atau otot kita dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius terutama jika tidak ditangani. Tim Medis Ortopedi terdiri dari panel ahli bedah, fisioterapis, terapis okupasi, dan perawat, semuanya bekerja sama untuk memastikan pemulihan Anda berlangsung baik.

Medtrip bekerjasama dengan berbagai Rumah Sakit ternama di Malaysia yang didukung oleh tenaga kesehatan kompeten dan berpengalaman seperti dokter spesialis dan subspesialis seperti subspesialis, bedah pinggul dan lutut, bedah ortopedi anak, bedah tulang belakang, bedah tangan dan mikro, dan lainnya. Rumah Sakit rekanan kami juga dilengkapi fasilitas yang terkini, sebagian dilengkapi pula kolam renang yang didesain khusus untuk rehabilitasi medis berbagai macam kondisi kesehatan ortopedi dan pemulihan trauma.

Tahukah Anda

Bedah ortopedi telah mengalami kemajuan signifikan dalam teknik dan teknologi. Prosedur invasif minimal, pembedahan dengan bantuan robot (robotic surgery), dan implan canggih telah meningkatkan hasil pembedahan dan mengurangi waktu pemulihan bagi pasien. Peningkatan mobilitas, pengurangan rasa sakit, dan peningkatan kualitas hidup adalah manfaat umum dari prosedur ortopedi, yang berkontribusi terhadap kepuasan pasien.

Kondisi dan Cedera Ortopedi yang Umum Terjadi

  1. Cedera Ligamen Lutut Anterior (ACL)
    Anterior Cruciate Ligament (ACL) adalah salah satu dari empat ligamen yang berada di dalam lutut, menghubungkan tulang kering (tibia) dengan tulang paha (femur), berperan penting dalam mendukung stabilitas lutut saat melakukan gerakan seperti putaran, lompatan, atau perputaran yang cepat. Cedera ACL terjadi ketika ligamen ini robek, biasanya akibat lutut menekuk ke belakang atau mengalami cedera torsi. Orang yang mengalami cedera ACL akan merasakan nyeri dan pembengkakan di daerah lutut, dan keparahan cedera ini dapat bervariasi, mulai dari yang ringan hingga berat.
  2. Bone Fracture (Patah Tulang)
    Patah tulang terjadi ketika tulang patah atau retak dikarenakan jatuh atau trauma lainnya. Pilihan pengobatan berkisar dari imobilisasi dengan gips atau belat untuk patah tulang ringan hingga intervensi bedah untuk patah tulang yang parah atau tergeser. Pembedahan biasanya diperlukan ketika tulang mengalami pergeseran, terjadi patah tulang terbuka, terdapat cedera intra-artikular, atau terdapat beberapa fragmen tulang, karena memerlukan penataan kembali dan stabilisasi menggunakan perangkat keras logam.
  3. Carpal Tunnel Syndrome
    Carpal Tunnel Syndrome, juga dikenal sebagai kompresi saraf median, adalah akibat dari terjepitnya saraf di pergelangan tangan. Hal ini dapat menyebabkan tangan dan lengan kesemutan atau mati rasa. Seringkali, gejalanya berupa nyeri pada tangan dan lengan. Biasanya, pengobatannya meliputi istirahat, kompres es, penyangga atau belat pergelangan tangan, dan suntikan kortison. Dalam kasus yang lebih parah, pembedahan mungkin diperlukan.
  4. Total Knee Replacement
    Operasi penggantian lutut (Total Knee Replacement) adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuannya adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, agar pasien tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.
  5. Total Hip Replacement
    Total hip replacement adalah operasi untuk menggantikan sendi panggul yang rusak dengan prostesis buatan. Biasanya dilakukan pada pasien yang mengalami gangguan sendi panggul karena penuaan, cedera, atau kondisi medis lainnya. Ini adalah operasi besar yang umumnya direkomendasikan hanya setelah pengobatan non-bedah seperti injeksi steroid atau fisioterapi tidak efektif.

Prosedur Artroskopi

Artroskopi merupakan tindakan invasif minimal yang menawarkan keuntungan dibandingkan operasi terbuka tradisional karena memerlukan sayatan yang lebih kecil, yang dapat mengurangi rasa sakit dan jaringan parut. Selain itu Dokter dapat memperbaiki jaringan yang rusak tanpa memotong jaringan yang sehat. Artroskopi biasanya digunakan pada sendi seperti lutut, bahu, siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan pinggul.

Keunggulan

Fasilitas Lengkap

Mitra RS Medtrip memiliki fasilitas penanganan kasus ortopedi yang lengkap mulai dari diagnostik, tindakan hingga rehabilitasi.

Dokter Berpengalaman

Didukung oleh Dokter spesialis dan subspesialis ortopedi yang ahli dan berpengalaman berbagai kasus ortopedi.

Kemudahan Komunikasi

Kemiripan Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia, serta kefasihan dalam berbahasa Inggris memudahkan komunikasi antara pasien dan tenaga kesehatan.

Rumah Sakit dengan Layanan Unggulan Ortopedi & Trauma

OUR STEP
Cara Kerja Kami
pt-process-img
Step 1
Hubungi Kami

Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim kami. Apabila diperlukan, kami akan sambungkan Anda untuk berkonsultasi dengan Tim Dokter kami.

pt-process-img
Step 2
Rekomendasi

Kami akan memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Estimasi biaya pengobatan juga akan kami informasikan kepada Anda.

pt-process-img
Step 3
Reservasi

Melakukan Janji temu dengan Pihak Rumah Sakit. Memastikan seluruh dokumen medis dan administrasi telah lengkap dan diterima oleh Admisi RS.

Tentang Medtrip

Hubungi Kami

Dapatkan secara gratis rekomendasi dokter, estimasi biaya dan informasi lain yang penting untuk perjalanan berobat Anda dan Keluarga di Luar Negeri bersama Medtrip, mitra resmi dari 15+ Rumah Sakit di Kuala Lumpur, Penang dan Melaka.

Butuh bantuan kami ?

×