Hubungi Kami

Layanan Unggulan Fertilitas & IVF

Layanan Fertilitas dan Teknologi Reproduksi Bantuan Komprehensif

Di Indonesia dan Malaysia, sekitar 12-15% pasangan menghadapi masalah kesuburan. Untuk mengatasi tantangan ini, teknologi reproduksi bantuan atau Assisted Reproductive Technology (ART) menawarkan solusi potensial. ART mencakup berbagai perawatan kesuburan yang melibatkan manipulasi sel telur atau embrio, seperti Intrauterine Insemination (IUI), Fertilisasi in Vitro (IVF) atau lebih umum dikenal Bayi Tabung, Transfer embrio (ET), dan transfer gamete intrafallopian (GIFT).

Penentuan kelayakan untuk ART melibatkan beberapa kriteria. Pasangan berusia 21 s.d. 40 tahun yang mengalami kesulitan untuk hamil setelah setahun mencoba secara alami sebaiknya mempertimbangkan untuk melakukan tes dan kemungkinan menjajaki pilihan ART. Hal ini dikarenakan angka keberhasilan ART cenderung menurun pada pasangan berusia 40 tahun ke atas. Oleh karenanya pertimbangan untuk menjajaki opsi ART sebaiknya dapat dilakukan seawal mungkin untuk meningkatkan kemungkinan kesuksesan fertilisasi.

Medtrip bermitra dengan TMC Fertiltity Centre dan Avisena Fertility yang memiliki layanan fertilitas dan assisted reproductive technology komprehensif yang didukung oleh para tenaga medis seperti Dokter Subspesialis Fertilitas berpengalaman, Ahli Embriologi, dan tenaga kesehatan pendukung lainnya yang siap membantu pasangan dengan berbagai kondisi infertilitas.

Tahukah Anda

Infertilitas terjadi lebih sering dari yang kita pikirkan. 1 dari 8 pasangan mengalami infertilitas di Indonesia. Secara global, trend infertilitas cenderung meningkat. Diperkirakan pada tahun 2025, hampir 10 juta pasangan di dunia akan menghadapi masalah dalam memiliki buah hati.

Langkah Awal Anda

Memulai program hamil (promil) dengan bantuan adalah keputusan besar bagi Anda dan pasangan. Saat konsultasi pertama Anda dengan Dokter Spesialis Fertilitas, Dokter akan mendalami terlebih dahulu riwayat kesehatan, gaya hidup, kekhawatiran, dan kondisi kesehatan Anda dan Pasangan. Pada umumnya Dokter akan meminta Anda dan Pasangan untuk melakukan beberapa tes laboratorium. Tes yang disebut Fertility Screening ini dapat dilakukan di klinik fertilitas di Malaysia atau di laboratorium klinik terpecaya di Indonesia.

Medtrip, sebagai Mitra Resmi Pusat Fertilitas terbaik di Malaysia, dapat membantu Anda untuk dapat berkonsultasi secara online terlebih dahulu dengan dokter spesialis fertilitas. Atas rujukan dan rekomendasi dokter, Anda dapat melakukan tes fertility screening di laboratorium klinik di Indonesia sebelum Anda dan pasangan berangkat ke Malaysia. Ketika Anda berangkat untuk konsultasi tatap muka pertama, Anda dapat membawa hasil tes dari Indonesia untuk diberikan kepada dokter di Malaysia.

Perawatan Kesuburan

Berdasarkan penilaian dokter, terdapat beberapa perawatan kesuburan yang dapat ditempuh sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan pasangan, lama Anda dan pasangan telah melakukan promil alami, usia Anda dan pasangan, serta faktor-faktor lainnya. Perawatan kesuburan dapat dimulai dari meresepkan obat-obatan untuk menginduksi ovulasi atau meningkatkan fertilitas, memberikan saran waktu terbaik untuk berhubungan dan lain-lain.

Apabila ditemukan kondisi struktural pada pasien yang menyebabkan sulitnya terjadi kehamilan alami seperti penyumbatan saluran tuba, endometriosis, fibroid, atau kista ovarium, dokter dapat melakukan pembedahan laparoskopi untuk memperbaiki masalah ini. Operasi laparoskopi biasanya dilakukan sebagai operasi sehari (day surgery). Pasangan dapat mencoba promil alami dalam waktu 3-4 minggu setelah operasi atau ketika Anda dan pasangan merasa cukup nyaman untuk kembali melakukan hubungan intim.

Intrauterine Insemination (IUI)

Inseminasi Intrauterin (IUI) adalah salah satu bentuk inseminasi buatan untuk mencapai konsepsi. Prosedur ini melibatkan penempatan sperma murni di dalam rahim ketika ovarium melepaskan satu atau lebih sel telur. Prosedur ini memungkinkan sperma melakukan perjalanan melalui saluran tuba untuk mengandung bayi. IUI umumnya direkomendasikan oleh dokter spesialis fertilitas sebagai langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi infertilitas.

In-Vitro Fertilisation (IVF)

Fertilisasi In Vitro (IVF) adalah proses pembuahan sel telur (dalam istilah medis disebut oosit) oleh sperma di luar tubuh. IVF menawarkan tingkat keberhasilan kehamilan tertinggi di antara berbagai perawatan kesuburan yang tersedia saat ini.

Setelah konsultasi tatap muka pertama Anda, Anda akan diberikan obat-obatan stimulasi hormonal yang berbentuk injeksi atau oral untuk pasangan wanita. Perawat akan memberikan informasi cara menggunakannya, waktu-waktu pemberian obat, serta cara mengatasi efek samping yang mungkin timbul. Selama pemberian obat-obatan ini Anda dapat pulang dan berada di Indonesia. Apabila dibutuhkan, Medtrip dapat menyediakan perawat untuk datang ke rumah (homecare) dan menyuntikan obat-obatan tersebut setiap harinya.

Setelah periode pemberian obat-obatan stimulasi selesai, Anda dapat melakukan tes hormon awal di Indonesia dan mengirimkan hasilnya melalui email. Anda diminta untuk mengunjungi dokter di Malaysia antara Hari ke 21 hingga Hari ke 23 dari siklus Anda. Semua tes, penilaian, dan resep pengobatan yang dilakukan pada kunjungan tersebut pada umumnya dapat diselesaikan dalam satu hari. Anda dapat pulang ke Indonesia di hari yang sama atau pada esok harinya.

Antara 2 hingga 6 minggu kemudian, Anda perlu kembali ke klinik untuk menjalani pemindaian guna memeriksa ukuran dan pertumbuhan folikel Anda. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pengambilan oosit atau sel telur akan dilakukan 3 hari setelah pemindaian kedua. Setelah 5 hari berikutnya, embrio akan dipindahkan kembali ke induknya. Anda disarankan untuk beristirahat minimal 3 hingga 5 hari sebelum melakukan perjalanan pulang. Secara total, masa kunjungan di Malaysia kali ini akan berlangsung sekitar 12 hari atau lebih.

Layanan Lain seputar Assisted Reproductive Technology (ART)

  • Frozen Embrio Transfer
  • Minimal Stimulation IVF (Mini or Gentle IVF)
  • IVF dikombinasikan dengan Intracytoplasmic sperm injection (ICSI)
  • Surgical Sperm Retrieval (MESA, PESE, or TESE)
  • Blastocyst Culture & Transfer
  • Assisted hatching]
  • Preimplantation Genetic Testing (PGT)

Keunggulan

Teknologi Medis Terkini

Didukung oleh peralatan medis berteknologi tinggi untuk berbagai prosedur Assisted Reproductive Technology yang lebih baik.

 

Tenaga Medis Berpengalaman

Didukung oleh Dokter subspesialis fertilitas, ahli embriologi dan tenaga medis pendukung lainnya yang kompeten, ahli dan berpengalaman.

Kemudahan Komunikasi

Kemiripan Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia, serta kefasihan dalam berbahasa Inggris memudahkan komunikasi antara pasien dan tenaga kesehatan.

Rumah Sakit dengan Layanan Unggulan Fertilitas & IVF

OUR STEP
Cara Kerja Kami
pt-process-img
Step 1
Hubungi Kami

Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim kami. Apabila diperlukan, kami akan sambungkan Anda untuk berkonsultasi dengan Tim Dokter kami.

pt-process-img
Step 2
Rekomendasi

Kami akan memberikan rekomendasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Estimasi biaya pengobatan juga akan kami informasikan kepada Anda.

pt-process-img
Step 3
Reservasi

Melakukan Janji temu dengan Pihak Rumah Sakit. Memastikan seluruh dokumen medis dan administrasi telah lengkap dan diterima oleh Admisi RS.

Tentang Medtrip

Hubungi Kami

Dapatkan secara gratis rekomendasi dokter, estimasi biaya dan informasi lain yang penting untuk perjalanan berobat Anda dan Keluarga di Luar Negeri bersama Medtrip, mitra resmi dari 15+ Rumah Sakit di Kuala Lumpur, Penang dan Melaka.

Butuh bantuan kami ?

×