Hubungi Kami

Catat! Ini Langkah dan Biaya Pengobatan yang Harus Dipersiapkan untuk Berobat di Penang

berobat ke penang

Malaysia adalah salah satu negara favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dan pasien untuk melakukan pengobatan, tak terkecuali dari Indonesia. Selain Kuala Lumpur, kota yang sering dikunjungi di Malaysia adalah Melaka dan Penang. 

Bahkan Penang adalah salah satu wilayah di Malaysia yang terkenal dengan fasilitas kesehatannya yang luar biasa. Dari tahun ke tahun jumlah pasien asal Indonesia terus bertambah berdatangan ke Penang. 

Penang memiliki enam rumah sakit yang populer bagi pasien Indonesia, antara lain Gleneagles Penang, Island Hospital, Penang Adventist Hospital, Loh Guan Lye Specialist Centre, Pantai Hospital Penang, dan Mount Miriam.

Jika kamu mempertimbangkan berobat di Penang, salah satu wilayah yang terkenal dengan fasilitas kesehatan berkualitas tinggi di Malaysia, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil serta perkiraan biaya yang terkait. 

Langkah-langkah yang harus Ditempuh Sebelum Pergi Berobat ke Penang

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin melakukan perjalanan untuk wisata medis di Penang. 

  1. Riset dan Konsultasi Awal
    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan riset menyeluruh tentang rumah sakit dan spesialis di Penang. Kamu melakukannya melalui mencari informasi di  internet, membaca ulasan pasien, atau meminta rekomendasi dari teman atau keluarga yang mungkin telah berobat di sana sebelumnya.Setelah itu, kamu perlu menghubungi rumah sakit atau spesialis yang ingin kamu konsultasikan untuk mengatur konsultasi awal.

    Biasanya, konsultasi awal dapat dilakukan secara online melalui email, telepon, atau melalui platform telemedicine.
  2. Pemilihan Rumah Sakit dan Spesialis
    Penang memiliki beberapa rumah sakit terkemuka yang menawarkan pelayanan kesehatan berkualitas. Kamu perlu memilih rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan medismu. Pertimbangkan faktor seperti reputasi rumah sakit, spesialisasi yang ditawarkan, fasilitas medis, dan pengalaman tim medis.

    Juga, pastikan bahwa rumah sakit dan spesialis tersebut dapat menerima pasien internasional dan menyediakan layanan dalam bahasa yang kamu pahami.

    Namun, tidak perlu khawatir, dokter-dokter dan tenaga medis di rumah sakit di Penang selain berbahasa Inggris juga berbahasa Melayu, yang sedikit hampir sama dengan Bahasa Indonesia. Sehingga kamu tidak terkendala bahasa dalam melakukan pengobatan.

  3. Dokumen dan Persiapan Perjalanan
    Sebelum melakukan perjalanan ke Penang, pastikan kamu memiliki semua dokumen yang diperlukan, termasuk paspor yang masih berlaku, visa medis (jika diperlukan), dan dokumen medis seperti catatan medis, hasil tes, dan laporan pemeriksaan.

    Pastikan kamu membawa salinan yang cukup dari dokumen-dokumen tersebut dan menyimpannya dengan aman. Selain itu, pertimbangkan juga asuransi perjalanan atau asuransi kesehatan internasional yang mungkin diperlukan selama masa berobat kamu di Penang.
  4. Perjalanan dan Penginapan
    Setelah persiapan dokumen selesai, kamu dapat mengatur perjalanan ke Penang. Pulau ini memiliki aksesibilitas yang baik melalui jalur udara dengan adanya Bandara Internasional Penang. Kamu dapat memesan tiket pesawat sesuai jadwal yang kamu pilih.

    Selain itu, kamu juga perlu mencari penginapan yang sesuai dengan kebutuhan. Penang menawarkan berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel mewah hingga apartemen atau rumah sewa yang lebih terjangkau. Pertimbangkan lokasi akomodasi yang strategis agar dekat dengan rumah sakit yang kamu pilih.

  5. Konsultasi dan Perawatan Medis
    Setibanya di Penang, jadwalkan konsultasi medis awal dengan spesialis yang telah kamu pilih sebelumnya. Konsultasi ini akan melibatkan pemeriksaan lebih lanjut, diagnosa, dan rekomendasi perawatan yang diperlukan.

    Tim medis akan memberikan penjelasan rinci tentang prosedur medis yang direkomendasikan, risiko yang terkait, serta perkiraan biaya yang terkait.

  6. Biaya Berobat
    Biaya berobat di Penang bisa bervariasi tergantung pada jenis perawatan medis yang kamu terima, tingkat keparahan kondisi medis, dan rumah sakit atau spesialis yang kamu pilih.

    Namun, secara umum, biaya perawatan medis di Penang cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan negara-negara Barat atau beberapa negara di Asia.

    Biaya-biaya yang perlu dipertimbangkan meliputi biaya konsultasi, tes diagnostik, perawatan inap, prosedur bedah (jika diperlukan), obat-obatan, dan tindakan lanjutan lainnya. Pastikan kamu memahami secara jelas biaya-biaya ini sebelum memutuskan untuk melanjutkan perawatan medis di Penang.

    Berikut perkiraan biaya untuk menjalani pengobatan di Penang:
    • Konsultasi dokter spesialis sekitar RM 100 – 300-an atau Rp 340 – 1 jutaan
    • Bypass jantung sekitar RM 40.000 – 60.000 atau Rp 130 – 207 jutaan
    • Pasang ring jantung sekitar 20,000 – 40,000 atau Rp 60 -138 jutaan
    • Endoskopi sekitar RM 1,500 – 4000 atau sekitar Rp 5 – 13 jutaan
    • Operasi katarak sekitar RM 3,000 – 8,000 atau Rp 10 – 30 jutaan
    • Operasi kelopak mata sekitar RM 4,000 atau sekitar Rp 13 jutaan
    • Total knee replacement sekitar RM 38,000 – 42,000 atau Rp 130 – 145 jutaan
    • Medical check up sekitar RM 1,000 atau Rp 3 jutaan (tergantung paket)

       

  7. Perawatan Pasca-Operasi dan Tindak Lanjut
    Setelah menjalani perawatan medis, kamu mungkin memerlukan perawatan pasca-operasi atau tindak lanjut untuk pemulihan yang optimal. Pastikan kamu memahami instruksi pasca-perawatan yang diberikan oleh tim medis dan mengikuti mereka dengan cermat. Jika kamu tinggal di luar Penang, kamu juga harus merencanakan jadwal kunjungan tindak lanjut yang diperlukan.

    Demikian 7 hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan medis ke Penang. Ketujuh hal tersebut melibatkan langkah-langkah seperti riset, konsultasi medis, persiapan perjalanan, perawatan medis, dan perawatan pasca-perawatan.

    Penting untuk merencanakan dengan cermat dan mempertimbangkan biaya yang terkait dengan perawatan medis di Penang. Dengan fasilitas kesehatan berkualitas tinggi, biaya yang lebih terjangkau, dan tim medis yang berpengalaman, Penang terus menjadi pilihan populer bagi pasien yang mencari perawatan medis berkualitas tinggi di Asia Tenggara.

Pergi Berobat ke Penang Bersama Medtrip

Di atas kita telah mengetahui apa saja yang kita butuhkan untuk pergi berobat atau menjalani perjalanan medis ke Malaysia khususnya ke Penang. Mempersiapkan hal itu semua dapat dilakukan dengan mudah bersama Medtrip. 

Medtrip akan membantu kamu dalam mendapatkan tenaga medis yang andal untuk pengobatanmu di Malaysia khususnya penang. Medtrip menyediakan layanan wisata medis ke Malaysia sehingga kamu dapat mendapatkan perawatan medis yang berkualitas tinggi sambil menikmati keindahan Penang dan daerah lainnya di Malaysia.

Berita Terbaru

×